SARAH MAYA MONALISA, SMM (2024) ANALISA TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK GIGI DAN BEDAH MULUT RSUD MARTAPURA OKU TIMUR TAHUN 2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada.
Cover_Sarah Maya Monalisa.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (673kB)
Abstrak_Sarah Maya Monalisa.pdf
Download (460kB)
bab 1-5 dan lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIK)
BINA HUSADA PALEMBANG
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
Skripsi, Agustus 2024
Sarah Maya Monalisa
Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Di Poliklinik Gigi Dan Bedah Mulut RSUD
Martapura OKU Timur Tahun 2024
(xv + 77 halaman , 20 Tabel , 2 Bagan, 5 Lampiran )
Kepuasan konsumen memiliki hubungan yang erat dengan kualitas pelayanan.
Standar kepuasan pasien dipelayanan kesehatan ditetapkan secara nasional oleh
Departemen Kesehatan Republik Indonesia minimal untuk kepuasan pasien yaitu di
atas 95% (Kementrian Kesehatan RI, 2016). Hasil survei kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan Rumah Sakit di Sumatera Selatan bulan Januari sampai Juni 2022
hasil survei dengan nilai 88,18 (sangat baik).
Tujuan umum penelitian ini adalah diketahuinya tingkat kepuasan pasien di
Poliklinik Gigi Dan Bedah Mulut RSUD Martapura OKU Timur. Jenis penelitian ini
kuantitatif dengan desain survey analitik dengan pendekatan cross-sectional, populasi
adalah pasien di Poliklinik Gigi Dan Bedah Mulut RSUD Martapura OKU Timur pada
bulan Januari-Desember tahun 2023 berjumlah 1281 orang, sampel sebanyak 59
responden dan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Analisis data
secara univariat, bivariat, dan multivariat.
Berdasarkan hasil analisis univariat didapatkan perempuan (91,5%), berumur
muda (57,6%), pendidikan tinggi (55,9%), tidak puas (64,4%), tangible tidak baik
(54,2%), reliability tidak baik (69,5%), responsiveness tidak baik (74,6%), assurance
tidak baik (79,7%), dan emphaty tidak baik (71,2%). Hasil uji statistik menggunakan
chi square didapatkan adanya hubungan antara tangible (p value 0.000), reliability (p
value 0.000), responsiveness (p value 0.003), assurance (p value 0.002), emphaty (p
value 0.000) terhadap kepuasan pasien.
Simpulan adanya hubungan tangible, reliability, responsiveness, assurance,
emphaty dengan kepuasan pasien. Diharapakan kepada tenaga kesehatan di wilayah
RSUD Martapura OKU Timur untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan untuk
meningkatkan kepuasan pasien.
Kata Kunci : Kepuasan pasien, , mutu pelayanan, rumah sakit
Daftar Pustaka : 31 (2004 – 2022 )
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT (PSKM) |
Depositing User: | Unnamed user with email info@binahusada.ac.id |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:39 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:39 |
URI: | http://rama.binahusada.ac.id:81/id/eprint/1623 |