DONNY JULIAN, DJ (2024) i ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RADIOLOGI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SEKAYU KAB. MUSI BANYUASIN TAHUN 2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada.
COVER DONNY JULIAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (361kB)
ABSTRAK.pdf
Download (226kB)
BAB 1 DONNY JULIAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (307kB)
BAB 2 DONNY JULIAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (543kB)
BAB 3 DONNY JULIAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (479kB)
BAB 4 DONNY JULIAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (440kB)
BAB 5 DONNY JULIAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (835kB)
Abstract
ABSTRAK
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIK)
BINA HUSADA PALEMBANG
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
Skripsi, Agustus 2024
Donny Julian
Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Instalasi Radiologi Di Rumah
Sakit Umum Daerah Sekayu Kab. Musi Banyuasin Tahun 2024
(xiv + 87 Halaman, 13 Tabel, 5 bagan, 2 Lampiran)
Berdasarkan hasil dari survei kepuasan masyarakat yang dilakukan RSUD
Sekayu pada triwulan IV tahun 2023 mendapat nilai 92,22% kemudian terjadi
penurunan pada triwulan I tahun 2024 dengan nilai 88,75%. Kemudian dilihat dari
data kunjungan pasien ke Instalasi Radiologi terjadi penurunan yakni pada tahun
2022 ada 21.891 pasien, kemudian pada tahun 2023 turun menjadi 20.721 pasien.
Tujuan penelitian ini untuk diketahui kualitas pelayanan Instalasi Radiologi
terhadap tingkat kepuasan pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Kab. Musi
Banyuasin. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif analitik
dengan jenis Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua pasien yang
berkunjung ke Instalasi Radiologi Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Kab. Musi
Banyuasin pada tahun 2023 yang berjumlah 20.721 orang. Penelitian dilakukan pada
bulan juli tahun 2024. Sampel diambil dengan cara Stratified Random Sampling,
kemudian dilakukan secara Accidental Sampling.
Berdasarkan hasil analisis bivariat didapatkan reliability tidak baik (13,1%),
assurance tidak baik (13,1%), tangible tidak baik (16,4%), emphaty tidak baik
(19,7%), responsiveness tidak baik (11,5%) dan kepuasan pasien tidak puas (24,6%).
Hasil uji statistik menggunakan chi square didapatkan adanya hubungan antara
reliability (p value = 0,000), assurance (p value = 0,000), tangible (p value = 0,004),
emphaty (p value = 0,000), dan responsiveness (p value = 0,002) dengan kepuasan
pasien.
Simpulan adanya hubungan antara Reliability, Assurance, Tangible, Emphaty
dan Responsiveness dengan Kepuasan Pasien Instalasi Radiologi Rumah Sakit Umum
Daerah Sekayu Kab. Musi Banyuasin. Perlu dilakukan peningkatan lagi kualitas
pelayanan pada pasien di Instalasi Radiologi sehingga akan berdampak kepada
peningkatan kunjungan pasien.
Kata Kunci : Kepuasan pasien, rumah sakit
Daftar Pustaka : 25 (2000-2024)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT (PSKM) |
Depositing User: | Unnamed user with email info@binahusada.ac.id |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 02:56 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 02:56 |
URI: | http://rama.binahusada.ac.id:81/id/eprint/1617 |