TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI POLI UMUM PUSKESMAS KUNDI KABUPATEN BANGKA BARAT TAHUN 2024

Dinar, D (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI POLI UMUM PUSKESMAS KUNDI KABUPATEN BANGKA BARAT TAHUN 2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada.

[thumbnail of cover (1).docx] Text
cover (1).docx
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of bab 1-5.pdf] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

ABSTRAK
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIK)
BINA HUSADA PALEMBANG
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
Skripsi, 13 Agustus 2024

DINAR

Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Poli Umum Puskesmas Kundi Kabupaten Bangka Barat Tahun 2024
(xiv + 57 Halaman, 10 Tabel, 2 bagan, 7 Lampiran)

Kepuasan pasien menurut World Health Organization (WHO) adalah konsep yang jauh lebih luas, bukan hanya tentang kualitas pelayanan saja, namun dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti komunikasi perawat, komunikasi dokter, dll. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di Puskesmas Kundi Kabupaten Bangka Barat tahun 2020 hingga 2023 menunjukkan penurunan pada tiga unsur pelayanan yaitu waktu pelayanan 3,370, perilaku pelaksana layanan 3,405 dan kesesuaian persyaratan 3,389.
Penelitian ini bertujuan untuk dianalisisnya tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di poli umum Puskesmas Kundi Kabupaten Bangka Barat tahun 2024. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1-13 Juli tahun 2024. Desain penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel sebanyak 94 responden. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Analisis bivariate menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa tidak puas terhadap pelayanan (48,9%), waktu pelayanan sesuai standar (79,8%), perilaku pelaksana layanan baik (95,7%), kesesuaian persyaratan sesuai standar (74,5%). Terdapat hubungan waktu pelayanan (nilai p 0,000), kesesuaian persyaratan (nilai p 0,000) dan tidak ada hubungan perilaku pelaksana layanan kesehatan (nilai p 0,117) dengan tingkat kepuasan pasien.
Disarankan kepada Puskesmas Kundi agar mempertahankan pelayanan yang cepat, serta menyediakan sarana untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi persyaratan administrasi.

Kata kunci : kepuasan pasien, pelayanan.
Daftar pustaka : 39 (1994-2023)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT (PSKM)
Depositing User: Unnamed user with email info@binahusada.ac.id
Date Deposited: 09 Dec 2024 02:50
Last Modified: 09 Dec 2024 02:50
URI: http://rama.binahusada.ac.id:81/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item
View Item