INDAH MIANGGI, IM (2024) ANALISIS HUBUNGAN KEPUASAN PELANGGAN PADA UJI KUALITAS AIR LIMBAH LABORATORIUM LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada.
ABSTRAK.pdf
Download (16kB)
Skripsi Full Indah Mianggi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIK) BINA HUSADA
PALEMBANG
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
Skripsi, 2024
INDAH MIANGGI
Analisis Hubungan Kepuasan Pelanggan Pada Uji Kualitas Air Limbah
Laboratorium Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024
(xiv+ 54 Halaman+ 13 Tabel+2 Skema)
Kementerian Lingkungan Hidup mempunyai tugas mewujudkan
pembangunan Indonesia berdasarkan pembangunan berkelanjutan dengan penekanan
pada ekonomi hijau (green economy) untuk menahan laju kemerosotan daya
tampung, daya dukung, dan kelangkaan sumber daya alam, serta mengatasi bencana
lingkungan (KemenLHK RI, 2018). Dalam meningkatkan fungsi pelayanan
Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup harus memperhatihan kualitas pelayanan
yang diberikaan agar mencapai kepuasan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini untuk Diketahui hubungan kepuasan pelanggan
pada pelayanan uji kualitas air limbah di UPTD Laboratorium Dinas Lingkungan
Hidup Prov. Sumatera Selatan Tahun 2024. Penelitian ini akan dilakukan di UPTD
Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sumatera Selatan Tahun 2024.
Penelitian ini akan dilaksanakan pada 18 Juni- 30 Juni Tahun 2024. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan desain survey analitik dengan pendekatan
cross sectional. Populasi adalah pelanggan berjumlah 914 baik itu perorangan
maupun instansi yang melakukan uji kualitas air limbah Sampel sebanyak 90
responden dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data
secara univariat dan bivariate.
Berdasarkan hasil analisis univariat kehandalan baik (66,7%0, jaminan baik
(68,9%), bukti fisik kurang baik (56,7%), empati baik (51,1%0, daya tanggap baik
(55,6%), dan kepuasan pelanggan baik (67,8%). Hasil bivariate didapatkan ada
hubungan dengan bukti fisik (p= 0,006), kehandalan (p=0,046), daya tanggap
(p=0.004), jaminan (p=0,0028), dan empati (p=0,004) terhadap kepuasan pelanggan.
Diharapkan UPTD Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sumatera
Selatan meningkatkan kualitas dalam aspek Tangible, reability, responsiveness,
ansurance, empathy untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Tangible, reability, responsiveness, ansurance, empathy, Kepuasan
Pelanggan
Daftra Pustaka : 29 (2013-2023)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT (PSKM) |
Depositing User: | Unnamed user with email info@binahusada.ac.id |
Date Deposited: | 07 Dec 2024 04:35 |
Last Modified: | 07 Dec 2024 04:35 |
URI: | http://rama.binahusada.ac.id:81/id/eprint/1614 |